Thursday, June 15, 2017

Boneka Kain atau Boneka Kayu

Boneka kayu atau boneka kain?
Boneka yaitu mainan anak-anak yang paling popular. Dengan beragam type serta nama panggilannya saat ini, boneka sudah merambah market yang lebih luas. Dengan tradisional, boneka mempunyai segmentasi market Grosir Boneka Wisuda pada usia 1 hingga 9 th. dengan type kelamin wanita, terlebih di Indonesia. Meskipun boneka memanglah sama dengan anak perempuan, nyatanya saat ini boneka cukup digemari beberapa lelaki. Boneka ini berevolusi dengan peranannya dari satu mainan jadi satu benda yang mempunyai nilai dekoratif yang tinggi serta ekspresif.

Misalnya, beberapa yang suka anime, atau yang di kenal dengan film kartun dari negara Jepang ini, lebih suka pada boneka yang mirip bentuk-bentuk ciri-khas yang ada dalam film kartun kesukaannya. Ketidaksamaannya yaitu, saat ini, boneka juga mempunyai nama lain yang lahir dari penggambaran ciri-khas kartun Jepang ini yakni action profile. Action profile sejatinya memanglah telah dilahirkan mulai sejak lama. Tepatnya di negara Amerika Serikat. 

Action profile sendiri yaitu satu boneka yang terbuat dari plastik, karet, atau lateks atau bahkan juga kombinasi semua yang diciptakan jadi satu bentuk yang melukiskan tokoh komik yang popular pada th. 80an hingga saat ini. Cuma, saat ini, tokoh-tokoh komik Amerika itu telah jadi tokoh yang digambarkan dalam film produksi Holywood dengan biaya bertrilyun-trilyun Rupiah.
Bagaimana dengan boneka kayu? Boneka kayu sendiri telah lama diketemukan. 


Dahulu, boneka-boneka kayu ini di buat dengan simpel serta dipakai jadi alat ritual keagamaan atau mistis. Ngeri memanglah, namun boneka kayu saat ini telah berevolusi jadi boneka koleksi yang bernilai cukup tinggi. Misalnya yaitu boneka yang bermerk Daddy Long Legged Black Doll yang bahkan juga dibubuhi sinyal tangan pembuatnya. Boneka ini bernilai cukup tinggi, yakni pada 15 US$ hingga 150 US$. Amazing bukan?


Daddy Long Legged Black Doll
Begitu halnya boneka kain. Boneka kain yang sama dengan handmade crafting, saat ini tidak cuma mengkonsumsi anak-anak. Namun juga, adalah satu diantara barang koleksi yang cukup popular. Misalnya Russian Soviet Union Village Boy Doll yang meraih harga 137. 5 US$ jadi penawarannya.


Russian Soviet Union Village Boy Doll

Bila demikian, pertanyaannya yaitu, tambah baik pilih yang mana, apakah boneka kayu, atau boneka kain?
Boneka kayu, mempunyai durabilitas yang tinggi. Sudah pasti karena bahan pembuat boneka ini sendiri yakni kayu. Makin baik kwalitas kayu yang dipakai serta polesan perlindungan kulitnya, jadi makin berkwalitas serta tahan lama product yang dibuat. rencananya sama dengan perabotan yang terbuat dari kayu. Sayangnya, kayu yaitu bahan yg tidak gampang diperbaiki, serta cukup rawan jika jadikan alat untuk bermain anak.

Sesaat boneka kain, dengan durabilitas yang cukup, meskipun tidak sehebat bahan kayu serta bergantung juga dari kwalitas jahitan pada kain itu, mempunyai fleksibilitas tinggi dalam manfaatnya. bobotnya yang cukup seimbang untuk jadikan apa pun atau digunakan jadi apa pun, membuatnya cukup popular dibanding boneka kayu. Dan, perbaikan boneka yang terbuat dari kain relatif gampang.

Jadi, untuk masalah durabilitas atau ketahanan, kayu memanglah memimpin. Namun masalah modifikasi serta reparasi, menurut saya sendiri, kain mempunyai kelebihan karena fleksibilitas berbahan. Begitu halnya keluasan peranannya dengan general, kain lebih unggul dibanding kayu.

No comments:

Post a Comment